Sisa gigi yang tertinggal

Sewaktu menulis tulisan ini, di mulut saya masih ada kasa, baru saja selesai operasi. Ya, hari ini saya operasi graham bungsu yang kedua kalinya, karena hasil foto panoramic menunjukan ada sisa gigi yang tertingal. Operasi pertama saya sebelumnya sudah saya ceritakan di sini dan apa yang saya alami pasca operasi ada di sini.

Operasi pertama saya mungkin bisa dibilang ngaco (Eh?) sehingga saya harus dua kali operasi di tempat yang sama. Apa saya kembali lagi ke dokter pertama saya yang mengoperasi saya? Ogah, takut. Atas rekomendasi temannya teman yang operasi graham bungsunya juga bermasalah, saya mempercayakan operasi kedua saya ke SmileWorks Dental Care di Kelapa Gading. Kenapa saya akhirnya memutuskan dioperasi di sana? Karena background dokternya luar biasa banget, silahkan cek sendiri, dr. Marzella M. Lestari. Pengalaman operasi graham bungsu mengajarkan saya untuk nggak mudah percaya sama dokter dan jangan percaya sama satu diagnosa aja. Pasalnya saya sempat dirujuk untuk fisioterapi oleh dokter bedah mulut di RS. Mitra karena ada indikasi Trismus. Puji Tuhan saya nggak lakukan itu, karena saya akhirnya bisa memasukan sendok makan ke dalam mulut begitu memasuki minggu keempat pasca operasi pertama. Lumayan save berapa juta itu 😄

Pengalaman operasi kedua ini menurut saya lebih baik dari yang pertama. Operasi graham bungsu kali ini menurut saya persiapannya luar biasa banget, saya seolah-olah mau operasi besar. Beberapa menit sebelum operasi saya disuntik dulu dan rasa sakit jarum suntiknya antara ada dan tiada, haleluyah! Obat biusnya sama sekali nggak pait, rasanya enak di mulut, ada mint-mintnya gitu kayak mouthwash. Setelah itu saya dikasih dua obat minum dan diminta tunggu sebentar di ruang tunggu. Nggak lama saya masuk ke ruangan operasi, tidak boleh pakai alas kaki dan harus pakai baju operasi. Area di sekitar bibir saya olesi cairan yang katanya untuk mensterilkan. Bibir saya diolesi Vaselline, mungkin karena harus mangap dalam jangka waktu yang lama, supaya bibir saya nggak tersiksa. Selama operasi dokternya juga terus-terusan memastikan keadaan saya apakah baik-baik saja dan merasakan sakit atau tidak. Ah love banget dr. Marzella ini ❤️

Pertama kali pakai baju operasi

Selesai operasi saya dikasih lihat serpihan-serpihan gigi yang tertinggal, ternyata banyak! Dan yang lebih bingung lagi, ada satu serpihan yang ukurannya itu cukup besar yang nggak mungkin kasat mata menurut saya. Bingung banget deh kenapa bisa ketinggalan sebesar itu. 

Tulisan ini sama sekali nggak bermaksud menjelek-jelakan rumah sakit sebelumnya ya dan saya sama sekali nggak disponsorin oleh SmileWorks Dental Care. Saya pergi ke rumah sakit pertama karena ada teman yang pernah operasi di sana dan nggak ada keluhan sama sekali setelahnya. Tulisan ini murni berbagi aja apa yang saya alami pasca operasi graham bungsu. Pasalnya saya sempat browsing-browsing apa yang saya alami, kasusnya sedikit sekali. Jadi saya harap tulisan ini bisa membantu siapapun kalian di luar sana yang mengalami hal kayak saya. Tapi saya berharap nggak ada sih, nggak enak banget soalnya. Nantinya saya akan update lagi perkembangan pasca operasi kedua ini. Till next post!